Selain Gerindra, PKS juga Paling Transparan Versi KIP

Merdeka.com – Komisi Informasi Pusat (KIP), memaparkan Laporan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2014 di hadapan Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Ada enam kategori yang menjadi dinilai yakni, badan Publik Kementerian Lembaga (34 Kementerian), Badan Publik Badan/Lembaga (135 Badan/Lembaga), Badan Publik Provinsi (34 Provinsi), Badan Publik BUMN (138 BUMN), Badan Publik Partai Politik Nasional (12 Parpol), dan Badan Publik Perguruan Tinggi Negeri (61 PTN).

“Untuk mendapatkan hasil yang presisi dengan realitas implementasi keterbukaan informasi yang dilakukan oleh badan publik, Komisi Informasi melakukan 2 tahapan penilaian,” kata Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP), Abdulhamid Dipopramono, di Kantor Wakil Presiden, Jumat (12/12).

Penilaian ini dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah penyebaran kuesioner penilian mandiri ke seluruh Badan Publik. Tahap kedua visitasi ke seluruh badan publik yang memiliki bobot yang cukup untuk masuk dalam peringkat 10 besar berdasarkan penilaian tahap satu.

“Secara keseluruhan, pemeringkatan badan publik ini dilaksanakan sejak tanggal 27 Oktober sampai dengan 4 Desember,” imbuhnya.

Baca juga:  Dua Tahun Berturut-turut PKS NTB Juara Keterbukaan Informasi Publik

Dari hasil tersebut didapatkan hasil untuk masing-masing kategori akan menerima penghargaan yang secara simbolis diberikan oleh Jusuf Kalla.

Untuk kategori Kementerian, Kementerian Keuangan dinilai paling transparan dengan total nilai akhir 100. Untuk kategori Badan/Lembaga, Arsip Nasional Republik Indonesia dinilai paling transparan dengan total nilai 94,4.

Untuk kategori Pemerintah Provinsi, Nusa Tenggara Barat dinilai paling transparan dengan total nilai 98. Untuk kategori BUMN, PT Bio Farma dinilai paling transparan dengan total nilai 85,8. Untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri, Universitas Indonesia dinilai paling transparan dengan total nilai 77,8.

Untuk kategori Partai Politik, Partai Gerakan Indonesia Raya dinilai paling transparan dengan nilai 57. Namun, tidak ada satupun petinggi Partai Gerindra yang hadir untuk menerima penghargaan tersebut. Penghargaan diterima oleh perwakilan Partai Gerindra.

“Di bawah Gerindra ada PKS dengan nilai 31, PKB dengan nilai 22 dan PAN dengan nilai 16. Sayangnya PKS dan PKB tidak ada ada yang hadir,” ucapnya. [lia]

Sumber: merdeka.com

Comments

comments